Tuesday 10 November 2009

Robot Indonesia Berjaya di Olimpiade Dunia


Fantastis !! Ternyata, Indonesia masih menyimpan banyak mutiara terpendam yang pasti akan indah berkilau jika diasah dengan baik. Kali ini, sinar mutiara tersebut berasal dari anak-anak muda Indonesia yang berhasil membawa kejayaan dari ajang Olimpiade Robot Dunia 2009 (World Robot Olympiad/WRO) di Korea Selatan, 6-8 November 2009.

Tim Indonesia berhasil meraih juara kedua dan ketiga tingkat Junior (SLTP) Regular Category. Paula Agusta, Humas dan Promosi Mikrobot mengatakan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil terbaik yang diperoleh Indonesia sejak mengikuti WRO pertama kali pada tahun 2004. Dan, Indonesia pantas bersyukur karena berhasil merebut tempat kedua serta ketiga setelah mengalahkan lebih dari 1.000 peserta dari 24 negara di seluruh dunia.

Kompetisi WRO sendiri terbagi dalam dua kategori, yakni Regular Category dan Open Category. Dalam Regular Category, peserta diminta untuk merakit sebuah robot dalam menyelesaikan suatu tantangan tertentu. Sedangkan, dalam Open Category, peserta bebas merakit robot menurut tema tertentu dan mempresentasikannya di hadapan para juri.

Indonesia mengirimkan total tujuh tim untuk berlaga di ajang WRO 2009. Dan, semuanya merupakan peserta pada Regular Category. Untuk tingkat Junior (SLTP), tim Creator dari Indonesia yang terdiri dari dua anak perempuan cerdas, Ivy Icasia serta Patricia Dissy Andrea, berhasil menempati tempat kedua. Sedangkan, tim Alpha-Rex yang terdiri dari Billy Hocker Wistan serta Fernando berhasil menjadi juara ketiga. Tim Indonesia yang bertanding pada tingkat Primary (SD) juga meraih hasil yang cukup memuaskan. Tim Innocent (Kelvin Onggadinata dan Margaretha Hutabarat) berhasil menempati peringkat lima, di bawah Chinese Taipei (juara 1), Korea (juara 2), dan Singapura (juara 3).

Benar-benar prestasi yang menggembirakan. Semoga ke depannya, anak-anak tersebut terus mendapatkan bimbingan yang tepat agar dapat terus mengembangkan potensinya dan membuat sesuatu yang bermanfaat bagi negara.

No comments:

Post a Comment

Sobat punya komentar? Monggo di poskan sob...Saya sangat mengharapkan dan menghargai komentar Anda