Tuesday 17 November 2009

Gianni Rivera


Dia dijuluki 'The Golden Boy' dari sepak bola Italia. Dia adalah produk dari Alessandria akademi sepak bola muda. Dia debutnya di Serie A untuk Alessandria melawan Internazionale Milano. Itu adalah pada tanggal 2 Juni 1959. Dia hanya 15 tahun. Dia hanya bermain untuk klub pertamanya 26 pertandingan di mana ia mencetak 6 gol. Setelah satu tahun, ia dibeli oleh AC Milan dengan rekor biaya transfer untuk waktu itu, 200,000 $. Bagi seorang pemain yang hanya 16 tahun. Pada tahun 1962 dia memenangkan Scudetto pertama dengan AC Milan dan pada 13 Mei 1962, pada usia 18 tahun, ia memainkan pertandingan pertamanya untuk tim nasional Italia melawan Jerman Barat di Chili, sebuah permainan yang selesai dengan imbang tanpa gol, 0-0 .

Karena kemenangan Scudetto 1962, AC Milan masuk ke dalam mengejar Piala Eropa 1962, Piala Eropa yang telah mereka akhirnya menang, mengalahkan Benfica 2-1 di final dengan Rivera dalam bentuk besar ia dianugerahi tempat kedua dalam terkenal 'Prancis Football Player of the Year' penghargaan, dimenangkan oleh kiper Rusia Lev Yashin.

Pada musim 1967/1968 dia memenangkan dengan AC Milan baik gelar dan Piala Winners. Musim depan, Rivera membawa AC Milan untuk memenangkan Piala Champions ketika akhirnya ia mendapat 'France Football Player of the Year' award.

Dia bermain dengan "Squadra Azzura" (tim nasional Italia) di Piala Dunia tahun 1970 yang diselenggarakan oleh Meksiko di mana mereka kehilangan mencapai final melawan Brazil dengan 4-1 dan di Piala Dunia 1974 ketika orang-orang Italia mengetuk-out oleh nasional Polandia tim dengan 2-1. Itu adalah akhir dari Rivera's karir di tim nasional yang ia bermain dalam 60 pertandingan mencetak 14 gol.

Rivera mengambil dua AC Milan di final Piala Winners, satu pada tahun 1973 dan satu lagi di 1974; yang pertama dimenangkan dan yang kedua hilang. Ia juga menang dengan merah-hitam-dan tim dua gelar berturut-turut Italia, pada tahun 1972 dan 1973. AC Milan juga memenangkan beberapa Piala Italia 70's tapi tanpa Rivera di sebagian besar dari mereka yang dilarang karena pernyataan terhadap wasit Italia.

Rivera memenangkan Scudetto terakhir karirnya sebagai pemain pada tahun 1979 dengan AC Milan, ini juga menjadi gelar ke-10 untuk 'The Devils'. Pada musim panas tahun itu Rivera pensiun setelah beberapa freindlies bermain melawan Argentina.

Secara keseluruhan, ia bermain untuk AC Milan di Serie A 501 pertandingan dan mencetak 122 gol.

Setelah pensiun, Rivera memasuki kehidupan politik Italia, menjadi salah satu anggota Parlemen Italia.

Piala menang:
4 x italian cup
3 x Italian title
2 x Cup Winners Cup
2 x Piala Eropa
1 x Eropa Player of The Year
1 x Eropa Player of The Year runner-up
1 x World Cup runner-up
1 x Italian League Top Scorer
1 x Intercontinental Cup
1 x Eropa turnamen

No comments:

Post a Comment

Sobat punya komentar? Monggo di poskan sob...Saya sangat mengharapkan dan menghargai komentar Anda